Motivasi Islami

Kamis, 18 Februari 2016

Apakah Jin Mengetahui Isi Hati Manusia

Apakah Jin Mengetahui Isi Hati Manusia - Apakah anda pernah melihat metode pengobatan ruqyah? Ternyata dalam tubuh yang sakit-sakitan yang tak wajar dan berkepanjangan, bisa jadi karena ada jin. Selain karena terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan pemujaan jin dan sejenisnya, maka kemungkinan tubuh dibarengi jin sangat besar. Bahkan jin juga bisa memasuki tubuh seseorang yang pikirannya kosong, tak jarang memasuki tubuh seseorang yang sering menantang-nantang makhluk gaib. Masalahnya, apakah jin mengetahui isi hati manusia? Pertama, makhluk siapapun tidak mengetahui ghaib mutlak. Apa itu ghaib mutlak? Ghaib mutlak adalah Sesuatu yang ghaib, dan hanya diketahui oleh Allah.
Apakah Jin Mengetahui Isi Hati Manusia
Apakah Jin Mengetahui Isi Hati Manusia


Allah berfirman,

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ

Katakanlah, bahwa tidak ada satupun di langit dan di bumi yang tahu hal yang ghaib kecuali Allah…(QS. an-Naml: 65)

Contoh ghaib mutlak adalah semua takdir Allah di masa mendatang atau kapan terjadi kiamat. Jadi selain Allah tidak ada yang tahu, terkecuali mereka yang mendapatkan wahyu dari Allah, seperti para nabi atau malaikat yang mendengar ketetapan Allah menetapkan taqdir.

Allah berfirman,

عَالِمُ الْغَيْبِ فَلَا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا . إِلَّا مَنِ ارْتَضَى مِنْ رَسُولٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَدًا

(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya. (QS. al-Jin: 26 – 27)

Kedua, para jin bisa melihat manusia sementara manusia tidak bisa melihat jin Akan tetapi ini bukan berarti jin tahu hal ghaib mutlak atau punya kemampuan luar biasa. Jadi kata Dr. Kholid al-Mushlih, ternyata kelebihan ini sama seperti kelebihan antara orang buta dengan orang yang matanya normal. Orang yang matanya normal, maka dia bisa melihat orang yang buta. Akan tetapi tidak sebaliknya, karena orang yang buta tidak bisa melihat orang yang matanya normal.

Ketiga, benarkah jin bisa melihat isi hati manusia? Ada hadis yang mengisyaratkan demikian. Misalnya hadis dari Shafiyyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِى مِنَ الإِنْسَانِ مَجْرَى الدَّمِ

“Sesungguhnya setan mengalir di pembuluh darah manusia.” (HR. Bukhari 2038 & Muslim 5807)

Abul Hasan al-Asy’ari menyebutkan perbedaan pendapat di kalangan ulama dan ahli kalam, lantas apakah setan bisa mengetahui isi hati manusia ataukah tidak?

Pertama, menurut pendapat Ibrahim, Ma’mar, dan Hisyam serta beberapa ulama yang mengikutinya, setan mengetahui isi hati manusia. Namun itu tidak aneh, itu karena Allah memberikan ruang bagi setan untuk masuk ke dalam hati manusia. Jadi seperti yang terjadi, para setan bisa memberi saran kepada manusia, “Lakukan ini…” “Jangan lakukan itu…” sehingga setan tahu apa yang diinginkan manusia.

Demikian pula ketika dia hendak melakukan satu perbuatan, karena setan tahu apa yang dilakukan orang  itu. Jadi ketika jiwanya berkeinginan untuk sedekah atau berbuat baik, setan tahu dengan indikator, lalu dia melarang manusia untuk melakukannya. Demikian keterangan Zarqan.

Kedua, menurut pendapat Mu’tazilah dan yang lainnya. Bahwa setan tidak bisa mengetahui isi hati manusia. sehingga ketika manusia punya keinginan untuk melakukan kebaikan atau ingin bersedekah, setan mengetahui berdasarkan dugaan dan berusaha melarangnya.

Ketiga, setan bisa merasuk ke hati manusia dan dia mengetahui apa yang diinginkan dalam hatinya.

(Maqalat al-Islamiyin, 436 – 437)

Hanya saja, ada sebagian ulama menyatakan bahwa ini masalah ghaib dan tidak ada keterangan yang pasti di sana. Serta sementara masalah ini tidak ada hubungannya dengan amal manusia. Sehingga sikap yang lebih tepat adalah tidak membahasnya. Mari kita serahkan ilmu tetang itu kepada Allah. Agar kita tidak termasuk orang yang membebani diri dengan sesuatu yang bukan tanggung jawab kita. Aamiin.

Apakah Jin Mengetahui Isi Hati Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nuniek KR

0 komentar:

Posting Komentar